Selasa, 23 Februari 2010

Dicari Guru Berkualitas

Saat musim pendaftaran CPNS tiba, antusias masyarakat untuk menjadi PNS masih cukup tinggi. Hal ini terbukti peminat yang mendaftar CPNS selalu meningkat setiap tahun. Padahal, formasi yang dibutuhkan tidak sebanding dengan yang diterima.
Apalagi untuk formasi CPNS guru yang merupakan pendaftar terbanyak. Akan tetapi kalau melihat rekruitmen CPNS guru saat ini, tampaknya sulit untuk mendapatkan calon guru negeri yang berkulaitas. Mengapa demikian? Karena seleksi penerimaan guru negeri hanya didasarkan pada aspek kognitif belaka. Apalagi dengan persayaratan indeks prestasi (IP) tertentu, padahal kepandaian seseorang bukan hanya terletak pada IP semata karena IP bisa dipermainkan/dipesan.

Kalau kita melihat guru-guru di luar negeri misalnya Amerika, Inggris, Jepang, Australia dan Singapura, mereka benar-benar profesional di bidangnya, karena bukan mementingkan ijazah semata tetapi lebih mengutamakan skill yang tinggi. Sedangkan di negara kita terbalik, ijazah lebih diutamakan daripada skill. Maka jangan heran kalau mutu guru di negara kita rata-rata masih jauh dari harapan.
Banyak guru yang berkualitas tidak terakomodasi gara-gara aturan yang diterapkan oleh panitia penyelenggara CPNS yang kurang paham tetang dunia pendidikan. Guru adalah pendidik profesional dan bukan tukang. Oleh karena itu untuk merekrut guru tidak bisa sembarangan, di samping hasil nilai test kognitif (pengetahuan) juga perlu pertimbangan-pertimbangan lain misalnya skill atau keahlian khusus yang dimiliki calon guru.
Guru yang memiliki pengalaman mengajar, memiliki sertifikat/penghargaan, mampu membuat karya tulis (buku) dan memiliki prestasi di bidangnya, itulah yang seharusnya diutamakan untuk diterima, bukan cuma diukur dari hasil test pengetahuan saja.
Insya Allah kalau ini diterapkan akan diperoleh guru-guru yang berbobot dan tidak asal mengajar saja. Hendaknya pemerintah mendengar masukan-masukan masyarakat sebagai bahan pertimbangan untuk mengangkat guru CPNS yang benar-benar berkualitas

Tidak ada komentar: