Selasa, 23 Februari 2010

Kiat Sukses UNAS 2010

Siswa tingkat akhir di sekolah SD, SLTP, SMA mulai sibuk dan bersiap-siap menghadapi Ujian Nasional tahun ajaran 2009-2010. Terkadang mereka terbawa suasana jiwa yang kalut, takut, dan depresi menunggu, menghadapi hari penting tersebut. Menurut saya ada beberapa trik yang dapat di pikirkan, dilaksanakan mulai dari sekarang yaitu :

Persiapan Pra-Sebelum Ujian Nasional :
1. Mulai dari sekarang, dan bahkan jauh hari kita harus memperkuat, meperteguh hati dengan terus berdoa, memohon kepada Nya agar diberi kemudahan dan kesuksesan dalam ujian nasional. Doa dan permintaan kepada Nya akan memberi dorongan tersendiri yang lansung bersasal dari kekuatan Yang Maha Kuasa.
2. Menjaga kesehata. Kesehatan adalah hal yang penting dan berpengaruh dalam masa pra-sebelum ujian ini dan di masa ujian kelak, kalau sekarang kita telah didera sakit maka kesiapan untuk menghafal danb membaca materi pelajaran pasti akan terganggu, apa lagi kalau sakit pas saat ujian dilaksakan.
3. Mempersiapkan mental yang kuat, tenang dan tak merasa tertekan. Perasaan yang tertekan akan mempengaruhi percaya diri saat ujian kelak.
Trik Mempersiapkan Materi Hafalan :
1. Baca materi pelajaran, buku dan catatan yang telah kita miliki.
2. Saat membaca materi pelajaran, hal yang menurut kita penting dilanjutkan dengan mencata, menulis ulang pada catatn kecil atau ringkasan baru, karena diyakini saat kita mempersiapkan diri dengan membaca sambil mencatat ulang akan lebih tinggi tingkat pemahamannya dari pada hanya membaca biasa.
3. Jangan memaksakan diri untuk membaca-menghafal saat suntuk dan ngantuk.
4. Ulangi membaca materi pelajaran berulang kali. Agar lebih mudah dan singkat dapat mempelajari, membaca ringkasan yang telah kita buat tadi/sebelumnya.
Saat ujian dilaksanakan dapat dilakukan beberapa hal penting :
1. Baca doa dan basmalah, sebelum mengerjakan ujian, doa akan membuka fikiran, menerangkan hati kita.
2. Isi semua isian biodata peserta ujian dengan lengkap, baik dan sesuai aturan seperti membulati dengan baik, hitam (BLACK) dan rata.
3. Baca soal dengan baik dan seksama.
4. Tinggalkan dulu jawaban yang tak mampu di jawab atau dengan kata lain kerjakan dulu soal yang lebih murah. Hal tesebut dikarenakan jawaban soal ujian objektif tes, hanya akan ditentukan oleh ketepatan menjawab, tidak memperhitungkan kesulitan alur mendapatkan jawaban tersebut. Berbeda dengan jawaban untuk soal essay.
5. Isilah terlebih dahulu jawaban yang menurut kita (tingkat kepercayaan kita) 75%-100% betul, sedangkan jawaban yang masih diragukan, tinggalkan terlebih dahulu, cukup dengan menandai pada lembar soal jawaban yang sekiranya benar. Menandai pada lembar soal tersebut dapat bermanfaat saak kita terburu waktu untuk mengumpulkan jawaban, sementara masih banyak jawaban kosong maka kita dapat memanfaatkan jawaban sementara tadi daripada membiarkannya kosong atau asal jawab.
6. Kertas buram yang kita buat saat mencari jawaban soal-soal ujian hitungan sebaik nya dibuat dengan jelas dan terpisah/jangan saling menindih dan beri sesuai penomoran sehingga bila kita ingin melanjutkan pencarian jawaban yang sebelumnya tertunda dapat dilanjutkan dengan mudah.
7. Ketahui persentase jawaban yang kita perkirakan betul, sehingga dapat mereka-reka nilai yang diperoleh.
8. Ulangi membaca soal yang belum tejawab dengan baik dan seksama.
9. Baca lagi soal dan jawaban yang telah di buat, karena terkadang kita bisa salah dan khilaf dalam menandai jawaban.
Demikianlah masukan yang dapat saya sajikan moga dapat menginspirasi kita semua agar lebih belajar bengan maksimal dan mendapat nilai yang baik.

Tidak ada komentar: