Selasa, 23 Februari 2010

Nilai Agama Jeblok, Siswa Bisa Tak Lulus Ujian Nasional

Ujian Nasional tahun 2010, tidak seperti tahun sebelumnya. Kali ini, UN bukan sebagai faktor utama penentu kelulusan siswa. Kelulusan ditentukan mengacu pada kualitas moral siswa selama belajar di sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Farah Mulyati, mengatakan penilaian terhadap kualitas akhlak juga dilihat dari pengetahuan agama. Jika nilai pengetahuan agama rendah, kata Farah, bisa menyebabkan siswa tidak lulus.


“Pelajaran agama rendah, UN lulus, maka siswa tetap tidak bisa lulus,” ujar Farah kepada wartawan di kantornya, Jalan Arif Rahman Hakim, Depok, Jumat (5/2/2010).

Selain kualitas akhlak dan nilai UN, lanjutnya, ada dua hal lagi yang dijadikan penentu kelulusan, yaitu keaktifan mengikuti semua program sekolah.

Untuk mempersiapkan siswa menghadapi UN di Kota Depok, Ketua Bidang Pendidikan Menengah dan Jurusan, Dinas Pendidikan Kota Depok, Siti Khairiyah mengaku, para siswa dari semua tingkatan, baik SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK di kota Depok saat ini
sudah digembleng dengan berbagai persiapan.

“Mulai dari persiapan kompetensi pelajaran yang di antaranya berbentuk pendalaman materi (PM) sampai ditingkatkannya pemberian motivasi kepada siswa sebagai penyiapan mental siswa,” jelas Khairiyah

Tidak ada komentar: